Cara Membuat Partisi Untuk Ubuntu di Windows 8.1

Cara Membuat Partisi Untuk Ubuntu di Windows 8.1 dan 7 dan Xp

Anda ingin dualboot windows dan ubuntu? tapi anda bingung harus mulai darimana?
inilah salah satunya.. mempersiapkan partisi untuk penginstalan ubuntu. 
saya menggunakan type partisi MBR, dan saya sudah merubah LOCAL DISK D dan E menjadi LOGICAL bukan PRIMARY  silahkan anda baca :

jika anda masih menggunakan partisi GPT silahkan ganti ke MBR dulu, lalu ganti LOCAL DISK D dan E ke LOGICAL bukan PRIMARY.

catatan : backup dulu data-data penting anda jika anda masih ragu

Cara Membuat Partisi Untuk Ubuntu di Windows
1. klik kanan di MY COMPUTER atau This PC lalu pilih Manage seperti di gambar berikut ini


2. klik Disk Management


3. inilah tampilan Disk Management



4. saya akan memotong ukuran LOCAL DISK D, jadi sebelum memotongnya pastikan Localdisk D anda tidak penuh.. dan tersisa lebih dari 50mb lebih karena saya akan memotongnya 50 mb untuk partisi UBUNTU nanti. oke jika sudah   klik Shrink Volume


5.  ketikkan 51200 seperti yang saya lingkari di gambar berikut ini lalu klik Shrink dan tunggu


6. jika berhasil akan berwarna hijau seperti ini, selesai

Comments

  1. Terimakasih gan, kebetulan bingung cari tutorialnya utk install ubuntu 16.04 dual bot ama windows 10 :D
    Jajal dulu yak. Doain berhasil

    ReplyDelete

Post a Comment