Perintah-Perintah Dasar Terminal Linux

Perintah-Perintah Dasar Terminal Linux

[ sudo ]

sudo adalah singkatan dari Super User DO. Artinya, mendeklarasikan bahwa yang akan memberi perintah adalah Super User atau lebih familiarnya Administrator. Contoh :

sudo apt-get install Gimp


[ apt-get ]

singkatan dari Aptitude-get. Digunakan ketika kita mau menginstall sebuah paket di linux. Jika mau menginstall contohnya sama dengan contoh pertama. Tapi jika anda mau me-uninstall paket. maka perintahnya jadi seperti ini :

sudo apt-get remove apache

Atau bisa juga dengan ini, cara uninstall paket dengan lengkap

sudo apt-get remove --purge apache



[ ls ]

Digunakan untuk menampilkan list file atau direktori di linux. Untuk atributnya, silahkan lihat dengan mengetikkan perintah ls -h (help page). Tapi output dari ls tanpa atribut lainnya kadang tidak membantu. Biasanya saya menambahkan atribut -lah untuk melihat siapa ownernya, dan berapa ukurannya (readable format).



[ Grep ]

 berguna untuk memfilter list file atau direktori yang ditampilkan ls sesuai dengan pola yang kita tentukan. Misalnya, dalam sebuah folder ada banyak file dengan berbagai macam ekstensi, dan kita hanya akan menampilkan ekstensi *.txt saja. Perintahnya adalah :

ls -lah | grep *.txt

Output dari perintah diatas adalah menampilkan list file yang berekstensi *.txt saja. Tidak lebih. Grep juga bisa digunakan dengan pola lain, misalnya berdasarkan nama file yang mengandung "xxx". Contoh :

ls -lah | grep UPDATE

Outputnya adalah semua file atau direktori yang mengandung kata "UPDATE" akan dimunculkan.


[ rm ]

singkatannya adalah remove. Fungsinya? Tidak perlu saya jelaskan kan? haha. Tapi ada bedanya antara menghapus file, atau menghapus direktori. Sedikit kok! Tapi baiklah, jika anda tidak mau susah, saya berikan contoh :D

Untuk menghapus file cukup dengan :

rm namafile 

Untuk menghapus direktori :

rm -rf namafolder

[ nano ]

 digunakan untuk editor file. Jika anda mau membuat file maka nano inilah yang kita gunakan sebagai editor. 

nano biodata_aku

Begitulah kurang lebih contohnya :D


[ cat ]
bisa kita gunakan untuk melihat isi file tanpa harus membuka file tersebut. Cara penggunaan:

cat blogging.txt

Perintah diatas akan menampilkan isi dari file blogging.txt tanpa harus membukanya.


[ tail ]
Selanjutnya ada tail, biasanya tail digunakan untuk mengikuti perkembangan dari sebuah file secara real time. Seperti misalnya pada file access.log milik apache. Jika server anda adalah termasuk server yang sibuk dari transaksi web, log nya akan tersimpan di dalam file access.log. Dan kita bisa mengikuti perkembangan file tersebut secara real time. Cara menggunakan :
tail -f /var/log/apache2/access.log

[ tar ]
Tar digunakan untuk mengkompress sebuah file,  Cara mengkompres file tar di linux :
tar cf /path/anda/menyimpan/file.tar /path/file/yang/akan/anda/kompres

Sebenarnya ada banyak parameter pada perintah tar. Untuk melihat lebih jelasnya silahkan  lihat dengan mengetikkan perintah tar --help


[ fsck ]
Selanjutnya ada fsck. FSCK berfungsi sebagai file system checker, kadang perintah ini harus kita gunakan ketika file system kita mengalami crash.


[ locate ]
Teman kita yang selanjutnya bernama locate. Biasanya digunakan untuk mencari file di linux. Cara mencari file di linux :
locate access.log
Perintah diatas adalah mencari file access.log. Outputnya akan menampilkan path dimana file access.log tersimpan.



Comments